Address Location

marketing@jogjaecowisata.com

SHM Sertifikat Hak Milik : Definisi, Kelebihan & Kekurangan

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print
SHM Sertifikat Hak Milik

SHM Sertifikat Hak Milik merupakan salah satu jenis status kepemilikan sebuah properti yang memiliki jangka waktu selamanya dan dapat diwariskan kepada anak cucu. Jenis sertifikat ini merupakan jenis kepemilikan yang secara hukum paling kuat karena baik tanah maupun bangunan yang ada diatasnya sama-sama dimiliki oleh satu orang dan berlaku untuk selamanya dan dapat diwariskan.

SHM tanah dan bangunan dikeluarkan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Indonesia. Jenis sertifikat ini menyatakan bahwa pemiliknya mempunyai hak penuh atas tanah dengan luasan meter persegi tertentu sesuai apa yang di dalam sertifikat. 

Di dalam sertifikat SHM terdapat keterangan nama pemilik, luas tanah, gambar bentuk tanah, nama obyek atau tetangga pemilik tanah yang berbatasan langsung, lokasi properti, tanggal penetapan sertifikat, nama beserta tanda tangan pejabat BPN beserta stempel sebagai bukti sah dan aslinya sertifikat.

Pada sertifikat SHM Sertifikat Hak Milik kepemilikinya tidak dibatasi oleh waktu, hal ini berbeda dengan SHGB yang dibatasi masa berlakunya hingga 30 tahun dan bisa diperpanjang 20 tahun dengan syarat-syarat tertentu.

SHM ini pada dasarnya terdiri dari bukti kepemilikan atas nama pemegang hak pada waktu berlakunya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria (UUPA). 

Dalam UUPA dituliskan ketika hak tersebut kemudian beralih, bukti peralihan hak berturut-turut sampai ke tangan pemegang hak pada waktu dilakukan pembukuan hak.

Baca Juga : Apa Itu BPHTB : Definisi, Ketentuan, Syarat & Contoh Perhitungan

Kelebihan SHM Sertifikat Hak Milik

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwah SHM merupakan jenis hak kepemilikan sebuah properti dengan status hukum yang paling kuat, berikut kelebihan SHM.

  • Harga jualnya yang cukup tinggi karena banyak peminat yang ingin membeli dan memiliki.
  • Lebih mudah dijual karena banyak yang mau beli.
  • Bebas merencanakan bangunan untuk jangka panjang karena kepemilikanya tidak dibatasi oleh waktu.
  • Jenis sertifikat ini adalah yang paling kuat dan bisa berlaku tanpa batas waktu. Jika kamu punya Sertifikat Hak Milik tanah tempat rumah berdiri, maka kamu tak perlu takut jika suatu saat ada pihak yang mengaku mempunyai lahan tersebut.

Baca Juga : Cara Membedakan Sertifikat Asli dan Palsu

Kekurangan SHM

Properti dengan sertifikat SHM juga ada kekurangannya loh, berikut kekurangan SHM.

  • Harga belinya lebih mahal jika dibanding dengan SHGB.
  • Lebih sulit dalam mendapatkan properti bersertifikat Surat Hak Milik, karena rata-rata pemilik lamanya enggan untuk menjualnya kecuali karena terpaksa, kamu bisa membeli rumah SHM melalui developer properti
  • Tidak bisa dimiliki oleh warga negara asing (WNA) atau non WNI. Namun justru ini menjadi keuntungan bagi WNI karena pemerintah tentu ingin memprioritaskan warga lokal terlebih dahulu.
  • SHM ini juga bisa dibatalkan oleh beberapa keadaan. Karena SHM ini diperuntukkan hanya untuk WNI saja, maka jika ternyata diketahui bahwa SHM dipindahtangankan ke WNA, maka bisa dibatalkan. 
  • SHM juga bisa dibatalkan jika ditelantarkan, negara membutuhkan lahan itu, dan penyerahan secara sukarela oleh pemiliknya ke pemerintah.

Baca Juga : Tips Membeli Properti Untuk Investor Pemula

Share this article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Leave a CommentYour email address will not be published.

Request E-Brochure Jogja Eco Park.pdf

Layanan Kami

Edukasi

  • Site Project

    Bulus II, Candibinangun, Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582

  • Marketing Gallery

    Bulus II, Candibinangun, Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582

  • Site Project

    Bulus II, Candibinangun, Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582

  • Marketing Gallery

    Bulus II, Candibinangun, Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582

Follow Us On Social Media

@ 2021 Jogja Eco Wisata - Create By Digimoonstar